Monday, September 1, 2008

Telkomsel Raih Predikat Tertinggi Platinum Award

Telkomsel Raih Predikat Tertinggi Platinum Award


Raih Indonesian Best Brand Award (IBBA) Enam Tahun Berturut-Turut
Telkomsel Raih Predikat Tertinggi Platinum Award


Jakarta, 23 Agustus 2008

Telkomsel kembali mendapat pengakuan dari ajang bergengsi Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2008 sebagai yang terbaik untuk kategori simcard yang mengukuhkan kedua produknya kartuHALO (pasca bayar) dan simPATI (prabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 6 tahun berturut-turut (2003-2008). Keberhasilan mempertahankan prestasi ini membuat Telkomsel berhak memperoleh predikat tertinggi Platinum Award IBBA 2008.

Penghargaan IBBA yang diberikan oleh Majalah SWA Sembada dan lembaga riset pemasaran MARS merupakan bentuk apresiasi terhadap merek-merek dengan kinerja terbaik sepanjang tahun. Survei dilakukan terhadap sejumlah kategori produk di 7 kota besar Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar, dan Denpasar) serta melibatkan 2.648 responden personal dan 2.658 responden rumah tangga dengan menggunakan pola sample acak bertingkat (multistage random sampling) sehingga menghasilkan data yang lebih akurat.

Penghargaan IBBA diukur berdasarkan 9 variabel, yaitu: popularitas merek, kualitas produk, tingkat kepuasan, kesetiaan pelanggan, pangsa pasar (brand share), popularitas iklan, merek yang digunakan sebelumnya, merek yang digunakan terakhir, dan potensi merek yang akan digunakan di masa depan.

Penghargaan yang telah memasuki tahunnya yang ketujuh ini memikili kompetensi tersendiri yang mampu menjadi barometer kinerja merek-merek di Indonesia. Pemenang dari tiap kategori merupakan mereka-mereka yang dinilai telah berhasil membangun merek yang berujung pada kepercayaan konsumen. Dalam survey IBBA 2008 ini Telkomsel meraih nilai terbaik untuk kategori produk operator selular, dengan nilai brand value 52,7 (kartuHALO) dan 53,9 (simPATI) jauh di atas indeks rata-rata produk yang ada di industri telekomunikasi yang hanya berkisar sekitar 29,5.

Platinum IBBA: VP Marketing & CRM Telkomsel Hendri Mulya Sjam dan GM Marketing Nirwan Lesmana saat menerima penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2008 (22/8). Telkomsel memperoleh predikat tertinggi Platinum Award IBBA atas prestasinya mempertahankan predikat terbaik untuk kedua produknya kartuHALO (pasca bayar) dan simPATI (prabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 6 tahun berturut-turut (2003-2008).

VP Marketing & CRM Telkomsel Hendri Mulya Sjam saat menerima penghargaan mengatakan, “Kami berterima kasih atas apresiasi masyarakat yang kembali memilih Telkomsel melalui produk simPATI dan kartuHALO sebagai merek terbaik selama enam tahun berturut-turut. Penghargaan ini merupakan salah satu indikasi tingginya kepercayaan masyarakat terhadap kemanfaatan produk dan layanan Telkomsel, yang merupakan hasil dari sebuah proses panjang dalam upaya memberikan yang terbaik bagi pelanggan, lingkungan bisnis, dan negara.”

“Pasar industri telekomunikasi yang sangat kompetitif dengan belasan merek sejenis merupakan sebuah tantangan bagi Telkomsel untuk terus berinovasi dalam menghadirkan competitive advantages terhadap produknya. Sebagai service leader, Telkomsel akan terus menjaga tingginya kepercayaan masyarakat sehingga ke depannya tetap menjadi produk pilihan utama,” ungkap Hendri.

Hal tersebut senada dengan ulasan Direktur MARS Asto Sunu Subroto, ”Tahun ini industri telekomunikasi menjadi tempat terjadinya persaingan yang paling ketat. Namun perang tersebut ternyata sulit menggoyahkan kekuatan merek Telkomsel. Telkomsel memiliki comparative advantage hampir dua kali lipat lebih besar dalam hal jaringan yang dimiliki secara merata di seluruh kota.”

Hendri menambahkan bahwa penghargaan Platinum Award IBBA ini tentunya semakin melengkapi berbagai penghargaan yang telah diterima Telkomsel baik dari dalam negeri maupun internasional. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus menjadi pendorong bagi seluruh jajaran Telkomsel untuk terus berkomitmen memberikan yang terbaik dalam upaya melayani Indonesia.

Tercatat beberapa penghargaan terbaru yang diterima Telkomsel tahun 2008, seperti: Perusahaan Idaman di Warta Ekonomi Award, Best GSM Operator di Forsel Award, Best Value Added Service di Golden Ring Award, Best Customer Service, Best Operator dan Best Brand di Selular Award, Best Operator dan Best Inovation di Gadget Award, ’Master Satisfaction Award' karena 6 tahun berturut-turut mempertahankan "ICSA Award', Sertifikasi mutu internasional ISO untuk seluruh lini pelayanan (Walk In dan Call Center) serta OPERATOR OF THE YEAR INDONESIA di ajang internasional Asian MobileNews Award 2008.

(www.telkomsel.com)

No comments: