Tuesday, March 25, 2008

Kontroversi Akibat Keberadaan BTS di Sekitar Pemukiman

BTS kepanjangan dari Base Transceiver Station atau banyak orang mengenalnya dengan sebutan tower operator selular, kehadirannya dewasa ini masih menimbulkan berbagai kontroversi. Yang menjadi masalah kontroversi tidak lain adalah masalah radiasi dan pengetahuan masyarakat yang masih minim, serta kekhawatiran tentang struktur bangunan menara.

Dari segi kebutuhan, BTS sangatlah menentukan coverage dari sinyal yang dipancarkan oleh operator seluler. Apalagi pengguna ponsel di Indonesia akan tumbuh hingga 9,4 juta di tahun 2007 ini. Otomatis dengan angka pertumbuhan sedemikian rupa para operator berlomba-lomba menyediakan perangkat pendukung coverage area tersebar di seluruh Indonesia.

Namun bagaimana jika proses pengembangan fasilitas telekomunikasi ini sedikit terhambat lantaran kurang mengertinya peran perangkat telekomunikasi secara tepat di antara masyarakat ? Masyarakat, terutama yang masih awam terhadap radiasi BTS masih miris dengan isu radiasi BTS yang mengganggu kesehatan dan keamanan di sekitar pemukiman mereka. Maka sudah menjadi tugas operator termasuk instansi yang terkait dalam masalah ini untuk mengedukasikan agar masyarkat lebih mengerti dan menerima perkembangan ini secara jelas.
(sumber : www.newsponsel.com

No comments: