Monday, July 14, 2008

Operator Ikat Pelanggan dengan Komunitas

Jakarta - Pelanggan seluler yang tergabung dalam kalangan komunitas dinilai lebih loyal pada suatu produk dan tingkat churn akibat perpindahan layanannya juga lebih rendah.

Itu sebabnya, dua operator seluler terbesar di tanah air, yakni Telkomsel dan Indosat mulai giat-giatnya membidik konsumen dari kalangan komunitas. Telkomsel membidik komunitas pelajar. Sedangkan Indosat mulai mendekati komunitas koperasi.

Pasar dari kedua komunitas tersebut memang tidak bisa dibilang kecil. Telkomsel berharap sedikitnya bisa menarik perhatian 10 juta pelajar dari kisaran 40-50 juta pelajar sekolah yang ada di Indonesia. Sementara, Indosat mengincar sedikitnya satu juta dari lebih 30 juta anggota koperasi yang tergabung dalam wadah Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

"Komunitas loyalitasnya cukup terjaga sehingga tingkat churn rate juga rendah. Kisarannya tak sampai dua digit di bawah churn industri," jelas Dirut Indosat, Johnny Swandi Sjam, di sela acara pameran produk Koperasi di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/7/2008).

Tingkat churn industri diperkirakan menyentuh persentase 15-20 persen. Sementara churn di kalangan komunitas diperkirakan tak sampai 10 persen.

Telkomsel berupaya menarik 10 juta pelanggan komunitas pelajar yang tengah dibidiknya menjadi pelanggan prabayar seluler Kartu As. Sementara, satu juta anggota komunitas koperasi yang tengah diincar Indosat, ingin diakuisisi menjadi pelanggan prabayar seluler IM3.

Saat ini jumlah pelanggan Kartu As telah mencapai 22 juta dari 53 juta pelanggan yang menggunakan layanan Telkomsel. Sedangkan IM3 telah mencapai 20 juta dari 30 juta total pelanggan seluler Indosat. (sumber : www.detikinet.com)

komunitas pelanggan :
*) simPATI ==> simPATIzone
*) KARTU As ==> gen' Asik
*) MENTARI ==> Klub MENTARI
*) Im3 ==> m3 ACCESS
*) bebas ==> Klub Vibe

No comments: